Akhir-akhir ini, minat, kebutuhan, dan apresiasi masyarakat terhadap UMSU semakin meningkat dan berkembang. Kecenderungan ini diindikasikan oleh semakin banyak dan beragamnya peminat dan peserta pendidikan tinggi di UMSU baik pada tingkat sarjana maupun pada tingkat pascasarjana (SPs). Prestasi ini tentu disatu sisi sangat membanggakan tapi disisi lain didalamnya terkandung tantangan yang cukup tinggi.

Selain itu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks) dan kehidupan global; tuntutan akan lulusan pendidikan tinggi yang berkualitas mendorong UMSU untuk secara terus menerus  dan berkesinambungan berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikannya, baik dalam aspek manajemen maupun sarana dan prasarana pendidikan.

Keberhasilan UMSU dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan menghasilkan lulusan yang bermutu ini akan menentukan eksistensi UMSU dalam komunitas pendidikan tinggi di ditingkat lokal, nasional, regional maupun tingkat global.

Berkembangnya sistem regulasi pendidikan, khususnya yang terkait dengan pendidikan tinggi, juga menuntut UMSU untuk melakukan penyesuaian dan pengembangan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan program-program pendidikannya baik dari segi kurikulum maupun proses pembelajaran. Hal ini tentu mengharuskan UMSU melakukan peninjauan terhadap kelembagaannya khususnya dalam aspek kurikulum dan pembelajaran.Dalam konteks program, UMSU dengan segenap kewenangannya dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan pendidikan vokasi dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, serta menyelenggarakan pendidikan profesi tentu harus menjawab segenap tantangan, kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, dan berbagai perubahan dalam regulasi penyelenggaraan programnya. Oleh karena itu respon yang diberikan UMSU terhadap berbagai perubahan tersebut tetap harus mengokohkanpersilangan disiplin ilmu pendidikan,  pendidikan disiplin ilmu, dan disiplin ilmu lain yang menunjang pelaksanaan disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu.

Berbagai tantangan tersebut tentu harus dapat dijawab dengan baik. Lahirnya Lembaga Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan bagian dari upaya UMSU untuk terus meningkatkan mutu layanan pendidikan sesuai dengan visi dan misi UMSU.


jackpotcity