• Workshop Teaching Grant, 21 November 2014

  • Sosialisasi KKNI, 19 Januari 2015

  • Orientasi Tugas Dan Pelatihan Pembelajaran Berbasis SCL, 5-6 November 2014

  • Workshop Inovasi Media Pembelajaran Blended Learning, Februari 2015

  • Workshop Inovasi Media Pembelajaran Blended Learning, Maret 2015

  • Sosialisasi Pedoman Pengembangan Kurikulum Dan Perangkat Perkuliahan Serta Launching E-Learning, 13 April 2015

  • Lokakarya Perumusan Profil Dan Kompetensi Lulusan, 09 Mei 2015

  • Lokakarya Perumusan Profil Dan Kompetensi Lulusan, 09 Mei 2015

Sebanyak 56 dosen UMSU yang baru direkrut menjadi dosen tetap mengikuti orientasi tugas dan pelatihan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) atau pembelajaran berpusat pada siswa.

Kegiatan berlangsung di ruang Penjaminan Mutu Kampus Utama UMSU, jl. Muktar  Basri Medan dan diselenggarakan selama dua hari, Rabu-Kamis (5-6/11)

Ketua LPKP UMSU, Irfan, SE., MM, mengatakan orientasi tugas dan pembelajaran berbasis SCL dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam pembelajaran. Khususnya, bagi 56 dosen tetap UMSU yang baru direkrut.

 

Pelatihan bertujuan bagaimana dosen bisa melahirkan output yang siap berkompetensi dalam pembelajaran. "Jadi intinya, bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas dosen di UMSU sehingga mampu menghasilkan lulusan yang betul-betul siap bersaing di era globalisasi," katanya.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat LPKP UMSU juga akan mengadakan pelatihan pembuatan proposal penelitian tentang peningkatan pembelajaran dan sosialisasi kurikulum KKNI.

Rektor UMSU, Dr. Agussani,MAP sangat mengapresiasi orientasi tugas dan pelatihan pembelajaran berbasis SCL yang dinilai sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas dosen. Tidak hanya mengajar tetapi juga meningkatkan kualitas diri melalui penelitian dan pengabdian masyarakat seperti sertifikasi Dosen. Untuk itu, pihak universitas akan memberikan kemudahan dan mendukung pengembangan sumber daya dosen tersebut.

 Dia juga meminta semua dosen UMSU baik yang lama maupun yang baru di rekrut harus memiliki satu komitmen dan satu visi untuk memajukan universitas sesuai dengan visi dan misi persyarikatan Muhammadiyah.

 Dia mengatakan, suasana kondusif sangat menentukan jalannya suatu perguruan tinggi. Makanya, menuju universitas yang berkualitas dan sehat dilakukan penguatan dosen agar berkualitas secara nasional dan internasional. Ke depan UMSU membutuhkan program studi S3 matematika, Bahasa Inggris dan tekhnik mesin.

Wakil Rektor I UMSU Dr Muhyarsyah SE., M.Si, mengatakan dosen yang profesional dan berkualitas akan selalu mempersiapkan diri dalam pembelajaran dan selalu merasa waktu itu tidak akan cukup. Menurutnya, dosen yang tidak mau mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dari waktu ke waktu akan tertinggal dari apa yang diperoleh.

Orientasi tugas dan pelatihan pembelajaran berbasis SCL di isi pemateri dari UNIMED Drs Zulkifli Simatupang, M.Pd dan Alkhafi M Siregar, M.Si.

 

 

              

 

jackpotcity